HomeTips & TrickRiding3 Cara Memperbaiki Spion Motor yang Longgar, Mudah dan Cepat

3 Cara Memperbaiki Spion Motor yang Longgar, Mudah dan Cepat

Spion merupakan bagian dari kendaraan bermotor yang perlu dijaga agar bisa berfungsi dengan baik. Oleh karenanya, kita perlu tahu cara memperbaiki spion motor yang longgar.

Spion yang terpasang dengan benar pada motor akan memudahkan kita untuk melihat pandangan belakang saat berbelok. Dengan begitu, Eigerian bisa berkendara secara aman dan nyaman menggunakan sepeda motor.

Cara memperbaiki spion motor bisa dilakukan dengan mudah. Eigerian pun dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini, sekaligus mencari tahu tips merawat spion motor agar fungsinya terjaga dengan baik.

Baca Juga: Tips Dasar untuk Keselamatan Berkendara, Ini 5 Poinnya

Penyebab Spion Motor yang Longgar

cara memperbaiki spion motor yang longgar
(Foto touring. Sumber: EIGER Adventure)

Sebelum mencari tahu cara memperbaiki spion motor tersebut, kita perlu apa tahu yang menjadi penyebabnya.

Biasanya, spion motor berubah menjadi lebih longgar karena baut yang menjadi kunci spion kurang kencang. Ini dapat terjadi oleh getaran mesin kendaraan bermotor sehingga spion melonggar.

Selain pengaruh getaran mesin saat motor dikendarai, melonggarnya spion juga bisa disebabkan karena usia pemakaian.

Spion yang telah digunakan cukup lama umumnya akan lebih mudah longgar sehingga posisinya kurang pas dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Baca Juga: 5 Kelebihan Motor Listrik yang Tak Kalah dari Motor BBM

Cara Memperbaiki Spion Motor yang Longgar

riding motor
(Foto riding motor. Sumber: EIGER Adventure)

Lantas, bagaimana cara memperbaiki spion motor yang longgar? Terdapat beberapa cara memperbaiki spion motor yang longgar, di antaranya:

1. Kencangkan dengan Kunci Inggris

Salah satu cara memperbaikinya bisa dengan mengencangkannya dengan menggunakan kunci inggris.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab spion motor yang longgar ialah karena bagian baut yang tidak kencang. Nah, kita bisa coba mengencangkannya dengan kunci inggris.

Caranya, dengan memutar baut ke arah kanan sembari ditekan pelan dan stabil. Jadi, spion motor tidak lagi longgar.

2. Mengganjalnya dengan Karet Ban

Spion yang longgar bisa memengaruhi penglihatan kita selama berkendara. Saat berbelok, spion memiliki peran yang amat penting untuk membantu kita melihat bagian belakang.

Oleh karena itu, Eigerian harus tahu cara memperbaiki spion motor yang longgar agar aktivitas berkendara bisa dilakukan dengan aman.

Cara memperbaiki spion motor yang longgar selanjutnya, ialah dengan coba mengganjalnya menggunakan karet ban.

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu memasukkan karet badan sedikit demi sedikit pada celah gagang spion yang longgar. Jadi, spion motor bisa terpasang dengan kencang sehingga membantu penglihatan kita saat berkendara.

3. Gunakan Lem Perekat

Cara memperbaiki spion motor yang longgar lainnya yakni dengan menggunakan lem perekat.

Ini bisa menjadi cara yang efektif apabila spion pada sepeda motor Eigerian dipasang tanpa menggunakan baut.

Pastikan lem perekat yang digunakan berjenis super glue. Jadi, daya rekatnya cukup kuat untuk membuat spion tetap kencang pada bagian motor kita.

Cara memperbaiki spion motor yang longgar dengan lem sangatlah mudah dan cepat untuk dilakukan. Kita hanya perlu meneteskannya pada bagian yang longgar dan tunggu selama 10-15 menit.

Ketika lemnya mongering, kelonggaran spion motor akan berkurang. Selama berkendara, spion motor Eigerian pun akan tahan guncangan meski dibawa dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Memahami Rambu Lalu Lintas, Mana yang Sering Kamu Langgar?

Tips Merawat Spion Motor agar Berfungsi dengan Baik

bikers bergaya
(Foto bikers bergaya. Sumber: EIGER Adventure)

Itu dia cara memperbaiki spion motor yang longgar. Jangan lupa juga untuk merawat spion dengan tepat agar tetap bisa berfungsi baik.

Inilah beberapa langkah yang dapat Eigerian lakukan dalam merawat spion motor sehingga dapat berfungsi optimal saat dibawa berkendara.

1. Perawatan Baut Engsel

Salah satu bagian dari spion motor yang perlu kita perhatikan perawatannya ialah baut engsel.

Dengan memerhatikan baut engsel, spion motor tidak akan kendur atau longgar. Jadi, bisa berfungsi secara optimal saat kita berkendara.

Dalam hal ini, kita perlu mengecek bagian baut engsel secara rutin. Pastikan bagian baut engsel tetap kencang, ya.

2. Membersihkan Kaca Spion

Jangan lupa juga untuk memerhatikan kebersihan kaca spion pada motor. Sebab, ini merupakan bagian terpenting dalam sepeda motor.

Kaca spion bisa kita gunakan untuk melihat bagian belakang saat berbelok dengan sepeda motor.

Jadi, pastikan Eigerian menjaga kaca spion tetap bersih dan terhindar dari jamur yang membuat tampilannya menjadi keruh.

Dalam membersihkan kaca spion, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti pasta gigi. Cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada kaca secara merata.

Kemudian, lap pasta gigi yang telah dioleskan pada kaca spion tersebut menggunakan kain lembut. Bersihkanlah secara hati-hati, lalu bilas dengan air bersih, dan keringkan.

3. Perhatikan Bagian Gagang Spion

Bagian gagang spion pun tidak boleh luput dari perawatan. Ini penting untuk dirawat dan diperhatikan agar fungsinya terjaga dengan baik.

Apabila kita tidak merawatnya dengan benar, bukan tidak mungkin gagang spion bisa patah.

Bersihkan juga gagang spion seperti bagian spion lainnya. Jangan lupa juga pastikan bagian gagang spion tetap kering sesudah dibersihkan atau terkena air hujan.

Dengan begitu, gagang spion tidak akan mudah berkarat dan bisa berfungsi optimal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi OOTD Pria untuk Riding, Mana yang Kamu Pilih?

Ketika kondisi kendaraan kita sudah prima, pastikan Eigerian juga pergi berkendara dengan perlengkapan riding yang aman dan nyaman.

Dalam hal ini, kita bisa coba menggunakan perlengkapan riding dari EIGER Adventure Official.

Mulai dari jaket, celana, slayer, sarung tangan, dan peralatan riding EIGER lainnya, bisa kita dapatkan melalui pembelian online di website.

Semua produknya dijamin original, berkualitas tinggi, dan memiliki harga terbaik.

Eigerian yang berbelanja pun tidak perlu khawatir mengalami kendala karena adanya layanan customer support selama 24 jam.

Nikmati juga beragam penawaran menarik, mulai dari potongan harga spesial hingga promo gratis ongkir yang bisa membuat proses belanjamu terasa lebih menguntungkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments