HomeTips & TrickTravelingDaftar Taman Nasional Indonesia dan Tips Berkunjung ke Sana

Daftar Taman Nasional Indonesia dan Tips Berkunjung ke Sana

Berencana untuk berkunjung ke Taman Nasional Indonesia, apakah Eigerian sudah tahu apa itu Taman Nasional dan daftar lokasinya?

Taman nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan juga rekreasi.

Kawasan Taman Nasional ini dilindungi langsung oleh pemerintah pusat, di mana kita bisa menjumpai berbagai flora dan fauna yang dilindungi di sana. Eigerian bisa memilih sendiri dari daftar Taman Nasional Indonesia yang ada dan ingin dikunjungi saat liburan tiba bersama dengan teman dan keluarga.

Daftar Taman Nasional Indonesia

taman nasional indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Adanya kawasan Taman Nasional juga termasuk sebagai upaya untuk melestarikan alam agar tidak rusak. Tanpa adanya usaha untuk melestarikannya, tentunya berbagai macam tumbuhan, hewan, hingga ekosistem khusus lainnya akan punah dan mengganggu kestabilan bumi.

Berikut ini ada beberapa daftar Taman Nasional di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah, namun bisa Eigerian kunjungi.

  1. Taman Nasional Ujung Kulon, merupakan salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi langsung oleh UNESCO. Terdapat jenis badak yang populasinya terancam punah, yaitu badak bercula satu, dan berbagai satwa liar seperti kera ekor panjang, babi hutan, merak, dan lainnya. Selain itu, ada beberapa tipe hutan yang termasuk ke dalam kawasan ini, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropika dataran rendah, dan padang rumput.
  2. Taman Nasional Komodo, yang juga termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Kawasan ini adalah tempat tinggal komodo dan berbagai spesies lainnya seperti rusa timor, kuda liar, hingga hewan laut (penyu, paus, hiu, dan yang lainnya).
  3. Taman Nasional Way Kambas, yang terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Taman Nasional ini dijadikan sebagai pusat pelatihan bagi gajah. Tapi tidak hanya gajah saja yang dilindungi, ada berbagai satwa langka lainnya seperti badak Sumatera hingga harimau Sumatera juga ada di Taman Nasional ini.
  4. Taman Nasional Wakatobi. Di kawasan ini, kita bisa menikmati serunya bermain air ditemani dengan pemandangan alamnya yang menawan. Kita juga bisa menjumpai berbagai ikan, terumbu karang, hingga satwa lainnya seperti penyu sisik, penyu lekang, penyu tempayan, hingga beberapa jenis burung laut.
  5. Taman Nasional Tanjung Puting. Kawasan ini adalah tempat tinggal 38 spesies mamalia, termasuk beberapa primata yang dilindungi, berbagai jenis reptil, lebih dari 200 spesies burung, hingga berbagai jenis tumbuhan. Di Taman Nasional ini, kita bisa berjumpa langsung dengan bekantan dan berbagai jenis monyet lainnya. 
  6. Taman Nasional Gunung Leuser, terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Di kawasan pelestarian alam ini, kita bisa menjumpai hutan hujan tropis yang di dalamnya ada hewan dilindungi seperti orangutan Sumatera dan lainnya.
  7. Taman Nasional Bunaken. Kita bisa menjumpai ekosistem laut yang beragam seperti 390 spesies terumbu karang, berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska, hingga mangrove. Kita bisa menikmati keindahan bawah laut dengan mengunjungi Taman Nasional Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara ini saat libur telah tiba.

Tips Berkunjung ke Taman Nasional Indonesia

taman nasional indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Taman Nasional biasanya terletak dalam hutan belantara atau lautan (khusus taman nasional laut). Jadi, perlu perencanaan yang tepat dan matang supaya kunjungan Eigerian ke Taman Nasional Indonesia benar-benar mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Apalagi, Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam, jadi bukan kawasan wisata alam biasa. Semua kegiatan di dalamnya harus mematuhi berbagai macam aturan yang berlaku. 

Di bawah ini ada beberapa tips untuk Eigerian yang akan mengunjungi Taman Nasional Indonesia:

  1. Ketahui waktu yang tepat untuk berkunjung ke Taman Nasional. Hal ini penting, sebab tidak semua Taman Nasional buka sepanjang tahun. Selain itu, agar mendapatkan pengalaman yang benar-benar diinginkan, seperti suasana yang lebih tenang dan santai, sebaiknya hindari puncak-puncak musim kunjungan.
  2. Beberapa Taman Nasional punya area yang sangat luas, jadi tidak cukup waktu satu-dua hari untuk mengunjunginya. Untuk itu, pastikan dulu apa yang akan Eigerian lakukan, lihat dan pelajari serta pengalaman yang ingin didapatkan dari Taman Nasional. Lalu, pilih satu atau beberapa spot dari Taman Nasional tujuan sesuai dengan perkiraan waktu yang Eigerian miliki.
  3. Maksimalkan waktu yang ada untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke Taman Nasional, tidak usah terburu-buru. Nikmatilah petualangan di dalamnya, pelajari dan lihatlah kekayaan alam yang ada.
  4. Selain berkemah, Eigerian juga bisa menikmati alam saat berkunjung ke Taman Nasional dengan tidur bermalam di lodge atau resort yang tersedia.
  5. Tips berikutnya, cobalah untuk melakukan pemesanan di awal dan booking tiket masuk terlebih dahulu. Beberapa Taman Nasional sudah memberlakukan sistem booking online dan pembatasan jumlah kuota kunjungan harian, jadi Eigerian sudah dapat memastikan akan mendapatkan waktu dan tempat untuk kunjungan.
  6. Beberapa Taman Nasional sudah tersedia visitor center atau pusat informasi. Sebaiknya, Eigerian meluangkan waktu untuk mengunjunginya karena berbagai informasi mengenai apa saja hal-hal menarik yang ada di Taman Nasional bisa didapatkan di sana. Termasuk hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berkegiatan di kawasan Taman Nasional.
  7. Pastikan Eigerian bersikap baik dan berteman dengan Ranger dan Polisi Hutan, karena mereka sangat mengetahui seluk beluk yang ada di Taman Nasional. Mereka akan siap membantu dan memberikan informasi yang Eigerian butuhkan.
  8. Pastikan setiap spot atau tempat di kawasan Taman Nasional yang Eigerian kunjungi atau lalui dalam keadaan seperti semula sebelum Eigerian datangi, atau bahkan lebih baik lagi. Selalu bawa semua sampah dan peralatan keluar kembali dari kawasan Taman Nasional. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Akhir Tahun 

Berkunjung ke Taman Wisata, Jangan Sampai Siapkan Perlengkapan Traveling!

Membawa perlengkapan yang tepat juga menjadi salah satu hal penting selama Eigerian berkegiatan di Taman Nasional Indonesia. Perlengkapan tersebut akan memberikan kenyamanan dan keamanan, serta memudahkan Eigerian. Pastikan sesuai dengan kondisi alam Taman Nasional yang menjadi tujuan Eigerian, ya!

Jangan lupa gunakan tas ransel untuk memudahkan mobilitas dan sesuaikan ukuran kapasitasnya. Bawa selalu perlengkapan multifungsi, tempat makan dan botol minum isi ulang atau tumbler. Sesuaikan juga apa saja perlengkapan tambahan yang Eigerian butuhkan dengan tujuan serta kegiatan yang kamu lakukan di Taman Nasional Indonesia.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Berkelanjutan yang Menarik untuk Dikunjungi

Bagi Eigerian yang saat ini sedang mencari rekomendasi produk untuk traveling, Eigerian bisa cek di website resmi EIGER Adventure. Mulai dari pakaian yang cocok untuk traveling, tas, sepatu yang nyaman, tempat makan dan botol minum, aksesoris tambahan, dan lain sebagainya, semuanya tersedia lengkap.

Eigerian bisa menemukan dan mengenali lebih lagi berbagai Taman Nasional di Indonesia dengan kaos lengan pendek edisi spesial Taman Nasional dari EIGER. Ada EIGER LAIWANGI WANGGAMETI TEES, EIGER TN SIBERUT SS TEES, EIGER BETUNG KERIHUN NP SS TEES, EIGER SEMBILANG NATIONAL PARK TEES, EIGER BALURAN NATIONAL PARK TEES, dan masih banyak lagi lainnya.

Penasaran, kan? Yuk cek sekarang, lalu temukan produk terbaik dan original dari EIGER yang paling sesuai selera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru