HomeTips & TrickRidingAturan dan Cara Membawa Barang Banyak di Motor yang Wajib Dipahami

Aturan dan Cara Membawa Barang Banyak di Motor yang Wajib Dipahami

Setiap negara atau wilayah tentunya memiliki peraturan lalu lintas yang berbeda, termasuk cara dan aturan membawa barang banyak di motor yang bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Eigerian untuk memahami peraturan setempat maupun di tempat Eigerian berencana berkendara.

Peraturan ini pada umumnya mengatur berat maksimum yang diizinkan untuk dibawa oleh sepeda motor. Jumlah ini mencakup berat pengendara, penumpang, serta barang bawaan. Jadi, pastikan tidak melebihi batas yang ditetapkan, ya! Sebab, membawa beban atau muatan yang melebihi aturan kapasitas motor tentu menimbulkan banyak bahaya, bukan pada diri sendiri sebagai pengemudi, akan tetapi juga pada orang lain.

Membawa barang yang terlalu banyak akan membuat Eigerian menjadi sulit bermanuver saat motor dikendarai, karena beratnya muatan yang menyebabkan motor sulit untuk dikontrol. Selain itu, muatan berlebihan juga mengurangi kenyamanan saat berkendara. Hal itu karena pada saat motor mengenai lubang di jalan, suspensi akan sulit berfungsi normal atau sulit memantul akibat beban berlebih. Bahkan, motor juga berpotensi overheat hingga mengalami kerusakan mesin motor.

Aturan Membawa Barang Banyak di Motor

cara membawa barang banyak di motor
Sumber: Eiger Adventure

Aturan mengenai kapasitas motor tertulis di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. Aturan ini menerangkan dengan jelas terkait ketentuan kapasitas motor sebagai berikut:

  • Muatan barang bawaan memiliki lebar yang tidak melebihi stang kemudi. 
  • Tinggi muatan tidak boleh melebihi 900 milimeter dari atas tempat duduk pengemudi.
  • Barang muatan harus ditempatkan di belakang pengemudi. 

Perlu dipahami bahwa ada sanksi yang dikenakan untuk para pelanggar, sebagaimana sudah dituliskan dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), di Pasal 311 Ayat (1). Pasal ini berisi tentang pengemudi bisa dikenakan hukuman pidana penjara selama satu tahun atau dengan dengan paling banyak Rp3.000.000 rupiah, apabila berpotensi membahayakan nyawa.

Cara Membawa Barang Banyak di Motor

cara membawa barang banyak di motor
Sumber: Eiger Adventure

Cara membawa barang banyak di motor tentunya memerlukan perencanaan dan eksekusi yang hati-hati untuk memastikan keselamatan Eigerian dan barang bawaan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membawa barang banyak di motor yang perlu diketahui:

1. Gunakan Tas Khusus Motor

Eigerian bisa menggunakan tas atau gantungan khusus motor yang dirancang untuk membawa barang. Tas ini biasanya memiliki penahan tali ataupun sabuk yang dapat diikatkan ke bagian motor untuk stabilitas tambahan.

2. Gunakan Gantungan atau Rak Tambahan

Rak belakang atau gantungan juga bisa dipasang untuk menambah kapasitas barang bawaan. Tapi ingat, pastikan rak tersebut terpasang dengan aman dan kokoh, ya

3. Atur Berat Secara Merata

Sebisa mungkin, seimbangkan berat barang di kedua sisi motor untuk membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas motor saat Eigerian berkendara.

4. Pastikan Barang Terikat dengan Kencang

Pastikan bahwa semua barang yang Eigerian bawa terikat kencang dengan baik. Gunakan pengikat ataupun sabuk untuk menahan barang agar tidak bergerak selama perjalanan.

5. Hindari Membawa Barang Terlalu Tinggi dan Besar

Pertimbangkan juga soal ukuran barang yang akan Eigerian bawa. Barang yang terlalu besar atau panjang dapat membuat kendaraan lebih sulit untuk dikendalikan.

6. Periksa Kapasitas Maksimum Motor

Pastikan Eigerian mengetahui kapasitas maksimum beban yang dapat ditanggung oleh motor. Jangan sampai melebihi batas tersebut untuk menjaga keamanan, ya

7. Periksa Kondisi Ban dan Kurangi Kecepatan

Pastikan juga ban motor dalam kondisi baik, sebab ban yang kurang angin atau aus dapat mempengaruhi kinerja motor dan keamanan. Kemudian, berkendaralah lebih lambat dari biasanya ketika Eigerian membawa barang banyak. Hal ini akan memberikan lebih banyak waktu untuk menanggapi perubahan kondisi jalan.

8. Pastikan Visibilitas

Tips berikutnya, pastikan lampu dan reflektor motor tetap terlihat dengan jelas. Apabila barang bawaan menghalangi visibilitas, maka pertimbangkan untuk menambahkan lampu atau reflektor tambahan.

Penting untuk diingat bahwa keamanan harus menjadi prioritas yang paling utama. Jika Eigerian merasa tidak nyaman atau tidak yakin, maka sebaiknya kurangi jumlah barang yang Eigerian bawa atau cari alternatif transportasi yang lebih sesuai.

Baca juga: 5 Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Bergelombang dan Rusak 

Rekomendasi Tas Riding dari EIGER

Di bawah ini ada beberapa tas riding dari EIGER yang bisa Eigerian gunakan sebagai cara membawa barang banyak di motor dengan nyaman dan aman. Cek satu per satu rekomendasi produknya, yuk

1. EIGER EQUATORIDE TANK BAG L MOTORCYCLE BAG

cara membawa barang banyak di motor

Equatoride Tank Bag merupakan salah satu dari rangkaian produk ekspedisi Eiger Riding Equatoride yang dirancang untuk kegiatan adventure touring. Perlu diketahui, Equatoride adalah perjalanan berkendara Jeffrey Polnaja mengelilingi dunia untuk menjelajahi setiap sudut wilayah tropis. Jadi, Equatoride Tank Bag ini hadir untuk menunjang aktivitas berkendaranya sebagai wadah untuk menampung berbagai kebutuhan saat berkendara. 

2. EIGER RICAMP MINI SIDE BAG 1.0

cara membawa barang banyak di motor

Ricamp Mini Side Bag 1.0 ini adalah salah satu dari rangkaian produk Ride and Camp yang mudah digunakan untuk membawa perlengkapan pribadi saat melakukan perjalanan berkendara roda dua. Tas ini terbuat dari material poliester yang kuat sehingga tahan lama untuk digunakan, ditambah lagi memiliki sistem pemasangan yang mudah sehingga membantumu untuk memasang dan melepaskannya dari sepeda motor dengan mudah. Ada juga tali dan buckle di bagian saku belakang untuk kuncian pada sepeda motor. Kompartemen utama tas ini bisa memuat barang-barang esensial dan di bagian luar ada saku depan untuk menyimpan barang yang sering diakses. Saat Eigerian tidak berkendara dan ingin berjalan-jalan di daerah perkotaan, tas ini juga bisa difungsikan sebagai tas selempang dengan cara memasangkan tali tambahan pada tas.

3. EIGER RICAMP HANDLEBAR BAG 1.0

cara membawa barang banyak di motor

Ricamp Handlebar Bag 1.0 juga menjadi salah satu dari rangkaian produk Ride and Camp yang multifungsi dan mudah digunakan untuk membawa perlengkapan pribadi saat berkendara. Kompartemen utama tas ini bisa memuat barang-barang esensial seperti kunci, dompet, kacamata, dan lain sebagainya. Sementara itu di bagian luar, ada saku depan untuk menyimpan barang yang sering diakses dan saku di bagian atas dengan layar transparan untuk menyimpan smartphone. Permukaannya yang transparan akan membantumu mengoperasikan smartphone tanpa harus membuka resleting tas. Sangat menarik, bukan?

4. EIGER CAMPRI SIDE-SHOULDER 12L

cara membawa barang banyak di motor

Eigerian bisa berkendara lebih jauh dan menyimpan semua perlengkapan ke dalam tas Campri Side-Shoulder 12L. Tas multifungsi ini bisa digunakan sebagai tas samping (side bag) dan juga sebagai tas selempang (shoulder bag) untuk menemani perjalanan berkendara. Tas ini memiliki sistem pemasangan yang mudah, sehingga akan membantumu untuk memasang dan melepaskannya dari sepeda motor. Tas ini bisa digunakan untuk motor dengan sistem jok buka tutup (memiliki pegangan belakang seperti skuter matic, bebek, dan semi trail.

5. EIGER ADAPTOUR UNDER SEAT BAG

cara membawa barang banyak di motor

Adaptour Under Seat Bag ini adalah tas multifungsi dan adaptif yang dirancang pas untuk disimpan di bawah jok motor. Tas ini menyediakan ruang penyimpanan yang cukup luas untuk memuat barang-barang seperti jas hujan, sandal, jaket, sarung tangan, atau helm. Menariknya lagi, tas ini dilengkapi juga dengan saku depan untuk menyimpan barang-barang kecil. Saat Eigerian tidak berkendara dan ingin berjalan-jalan, tas ini bisa digunakan sebagai tas selempang dengan cara memasangkan tali bahu yang tersedia.

Baca juga: Tips Modifikasi Motor yang Aman dan Tidak Melanggar Aturan!

Untuk mendukung aktivitas berkendara motor dengan membawa barang banyak, Eigerian bisa menemukan tas dan berbagai perlengkapan riding lainnya di website resmi EIGER Adventure. Yuk, belanja online di website resmi EIGER dan dapatkan benefit berupa harga terbaik, promo potongan harga, program gratis ongkir, jaminan produk ori, hingga opsi metode pembayaran yang beragam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru