HomeTips & TrickTravelingYuk intip 5 Perayaan Malam Tahun Baru Unik Di Berbagai Negara!

Yuk intip 5 Perayaan Malam Tahun Baru Unik Di Berbagai Negara!

Apakah kamu sudah memiliki jadwal atau agenda untuk merayakan malam Tahun Baru 2022 besok? Atau justru sampai sekarang, kamu masih memikirkan apa kegiatan yang paling seru dilakukan dan tidak biasa untuk menyambut perayaan Tahun Baru?

Artikel ini akan sangat cocok untuk memberikan inspirasi untuk kamu yang tengah mencari kegiatan seru menyambut Tahun Baru. Mungkin di Indonesia, tradisi ini dirayakan dengan berkumpul di ruang terbuka, dan menyalakan kembang api, meski belakangan hal ini tidak diperbolehkan.

Namun akan menarik rasanya jika kita melihat bagaimana tradisi malam Tahun Baru di berbagai negara di dunia, yang unik dan menarik. Siapa tahun di masa depan kamu bisa datang dan merasakan tradisi unik mereka, sekarang kamu bisa mempersiapkan diri membaca infonya di sini.

Apa Rasanya Menginap Di Kuburan? Tradisi Unik Chili

malam tahun baru
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Kamu tidak salah baca, orang-orang di Chili benar-benar menginap di kuburan untuk merayakan tahun baru bersama keluarga mereka yang sudah tiada. Hal ini dianggap sebagai sebuah keintiman, karena bisa menghabiskan tahun baru bersama semua orang yang disayangi.

Tentu saja kuburan di Chile kemudian sengaja diselenggarakan untuk semua orang yang ingin melakukan tradisi ini. Pemerintah membuka kuburan secara legal untuk mengakomodir orang-orang di negara tersebut.

Suasana yang tersaji juga jauh dari kata seram atau horor. Justru berkat keberadaan lilin, bunga, dan orang-orang, tanah kuburan terasa hangat dan seperti benar-benar berkumpul bersama di rumah. Tradisi yang unik dan menarik ya? Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga : Rencanakan Traveling Seru Bareng Teman Pakai 7 Tips Ini

Serba Bulat Di Negara Tetangga, Filipina

Di Filipina, perayaan malam Tahun Baru disambut dengan tradisi makan-makan. Tapi bukan makan-makan biasa, melainkan makan makanan dengan bentuk bulat. Literally semua makanan yang disajikan bulat, sehingga akan terasa sangat unik jika kamu singgah ke sana.

Tradisi ini berakar dari kepercayaan masyarakat pada bulan yang melambangkan rejeki dan keberuntungan. Maka makan makanan berbentuk bulat dianggap sebagai harapan agar di tahun yang baru akan terdapat banyak keberuntungan dan rejeki yang didapatkan.

Jika kamu berkesempatan singgah ke sana saat momen malam Tahun Baru, kamu akan mendapati semua makanan benar-benar dibentuk bulat. Mulai dari makanan berat, lauk pauk, sayuran, hingga buah dan makanan ringan. Dijamin, perasaan unik yang didapatkan tak akan tergantikan.

Di Denmark, Dirayakan dengan Melempar Piring

malam tahun baru
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Terdengar sangat ekstrim ya? Namun tradisi malam Tahun Baru ini justru memiliki pesan yang mendalam. Di Denmark saat momen ini tiba warganya selalu melempar piring ke depan pintu rumah saudara atau teman terdekat yang mereka miliki.

Jelas artinya, bahwa semakin banyak piring pecah yang ada di depan rumah, artinya rasa sayang dari orang sekitar benar-benar melimpah. Ini jadi harapan di tahun yang akan datang, agar hubungan pertemanan dan persaudaraan bisa tetap terjalin dengan baik.

Maka jangan kaget jika suatu saat kamu datang ke Denmark dan bertepatan dengan malam Tahun Baru, kamu akan melihat pecahan piring di jalanan dan di depan rumah orang-orang. Just enjoy the show, karena bisa jadi pengalaman ini jadi salah satu yang paling berkesan.

Bagaimana dengan Merayakan Tahun Baru Kedua?

Terasa aneh memang jika dipikirkan, tapi ketika kamu  berada di Makedonia, semua akan terasa wajar dan seperti tak ada yang salah. Di negara ini, kamu bisa merayakan momen Tahun Baru kedua yang jatuh pada tanggal 14 Januari.

Acara yang dilakukan adalah dengan memberikan hadiah dan pemberian ke anak-anak yang dikenal. Tradisi ini sudah berjalan demikian lama, sehingga terasa biasa saja. Jangan-jangan justru pada malam Tahun Baru di tanggal 31 Desember tak ada hadiah yang diberikan ya?

Kamu bisa mencoba melewatkan momen Tahun Baru di negara ini untuk mencari tahunya. Tentu saja, acaranya akan sangat seru dan berkesan. Karena, c’mon, kapan lagi kamu merayakan Tahun Baru sebanyak dua kali dalam tahun yang sama?

Menyambut Malam Tahun Baru dengan Membunyikan Lonceng Di Jepang

malam tahun baru
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Di negeri Sakura, perayaan malam Tahun baru justru dilangsungkan dengan membunyikan lonceng. Bukan, bukan hanya satu kali ketika tahun  berganti, namun sebanya 108 kali! Tak heran jika suasana Tahun Baru di Jepang justru akan cukup ramai dengan lonceng ini.

Pembunyian lonceng sebanyak 108 kali ini sebenarnya ditujukan untuk membersihkan diri setiap orang. 108 melambangkan sifat dan pikiran kotor manusia dalam kepercayaan Buddhis, yang notabene kepercayaan paling banyak dianut di negara ini.

Well meskipun kamu bukan seorang Buddhis, namun rasanya akan sangat sakral ketika kamu mendengar lonceng dibunyikan di kuil dan tempat umum. Bisa jadi agenda liburan akhir tahun yang unik dan mengesankan bukan?

Baca Juga : Gunung Prau: Memahami Jalur Pendakian dan Waktu Terbaik untuk Mendaki 

Itu tadi, beberapa perayaan malam Tahun Baru di berbagai negara yang bisa kamu kunjungi untuk liburan suatu saat nanti. Tentu saja, agar liburan kamu makin seru, kamu bisa mempercayakan semua perlengkapan pada Eiger Adventure. Lengkap dan berkualitas, semua yang kamu perlukan bisa ditemukan di sini. Masuk ke laman produknya sekarang juga, dan dapatkan produk pendukung liburan yang kamu butuhkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru