HomeTips & TrickRiding7 Cara Merawat Jas Hujan Agar Awet, Yuk Praktikkan!

7 Cara Merawat Jas Hujan Agar Awet, Yuk Praktikkan!

Jas hujan memainkan peranan yang penting bagi pengendara. Fungsi utama jas hujan adalah untuk memberikan perlindungan terhadap hujan dan cuaca basah. Jas hujan yang baik dirancang secara khusus untuk menahan air dan menjaga pengendara tetap kering selama perjalanan. Kira-kira, bagaimana cara merawat jas hujan agar awet?

Tapi sebelum mengetahui cara merawat jas hujan agar awet, cari tahu dulu yuk apa saja yang bisa jadi faktor penyebab jas hujan mudah rusak. Cek ulasan selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Jas Hujan Mudah Rusak

cara merawat jas hujan agar awet
Sumber: Eiger Adventure

Jas hujan yang mudah rusak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan jas hujan menjadi rusak:

1. Bahan yang Kurang Berkualitas

Penggunaan bahan yang kurang berkualitas atau tidak tahan lama pada pembuatan jas hujan tentunya bisa menyebabkan kerentanan terhadap kerusakan. Bahan yang murah atau tipis mungkin akan cepat aus atau sobek akibat paparan terus-menerus terhadap cuaca ekstrem.

2. Overstretching

Pemakaian jas hujan yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh atau kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan overstretching pada bahan, terutama pada bagian siku, lutut, atau area yang sering dilenturkan.

3. Pemakaian yang Kasar

Penggunaan jas hujan dengan cara yang kasar, seperti menyentuh benda tajam atau merobek kain dengan sengaja, tentunya juga bisa menyebabkan kerusakan pada material jas hujan.

4. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Sinar UV dari matahari akan merusak bahan jas hujan seiring waktu. Terlalu sering dan terlalu lama terkena sinar matahari dapat menyebabkan pucatnya warna, perubahan elastisitas, hingga kerapuhan pada bahan.

5. Penggunaan Bahan yang Tidak Tahan Air dengan Baik

Meskipun jas hujan dirancang untuk melindungi dari air, tapi jika bahan tidak tahan air dengan baik atau jika ada kerusakan pada lapisan pelindung, maka air dapat meresap dan merusak jas hujan serta memicu pertumbuhan jamur atau bau tak sedap.

6. Kurang Perawatan

Kurangnya perawatan dan pemeliharaan pada jas hujan juga akan meningkatkan risiko kerusakan. Membersihkan dan menyimpan jas hujan dengan benar setelah digunakan tentunya bisa memperpanjang umur pakai dan kualitasnya.

7. Cara Pakai dan Simpan yang Tidak Tepat

Menyimpan jas hujan dalam keadaan basah atau meremasnya dalam kantong tanpa memerhatikan panduan perawatan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, bau tidak sedap, atau bahkan kerusakan fisik pada jas hujan.

Itu tadi beberapa faktor penyebab jas hujan mudah rusak. Sekarang, cari tahu lebih lanjut seputar cara merawat jas hujan agar awet, yuk!

Baca juga: Cara Membawa Barang Banyak di Motor yang Wajib Dipahami

Cara Merawat Jas Hujan Agar Awet

cara merawat jas hujan agar awet
Sumber: Eiger Adventure

Untuk memperpanjang umur jas hujan, disarankan untuk memilih jas hujan berkualitas tinggi, merawatnya dengan baik, dan menyimpannya sesuai dengan panduan produsen. Perawatan rutin meliputi pembersihan, penyimpanan yang tepat, serta pengecekan kondisi jas secara berkala.

Di bawah ini ada beberapa tips dan cara merawat jas hujan agar awet yang bisa Eigerian praktikkan:

  1. Setelah digunakan, Eigerian perlu membersihkan jas hujan dari debu, kotoran, dan residu lainnya dengan menyeka permukaannya menggunakan kain lembut yang basah atau spons.
  2. Lalu saat mencuci jas hujan, hindari menggunakan deterjen yang keras atau penghilang noda yang kuat. Tapi sebaiknya pilih deterjen ringan atau khusus untuk perawatan bahan-bahan teknis yang digunakan pada jas hujan.
  3. Selain itu, hindari menggunakan pemutih atau pelembut pakaian pada jas hujan, karena zat-zat itu dapat merusak bahan dan lapisan pelindungnya.
  4. Kemudian setelah dicuci, keringkan jas hujan dengan cara menggantungnya di tempat yang teduh dan ventilasi baik. Hindari menjemurnya langsung di bawah sinar matahari terik, karena paparan sinar UV berlebihan justru bisa merusak bahan dan membuatnya mudah rusak.
  5. Simpan jas hujan di tempat yang kering dan sejuk, jauh dari panas yang berlebihan ataupun paparan sinar matahari langsung. Eigerian bisa menggunakan gantungan yang tepat untuk menjaga bentuk dan elastisitas jas hujan.
  6. Saat menyimpan jas hujan, hindari menumpuknya terlalu rapat atau meremasnya dalam ruang penyimpanan karena penyimpanan yang tidak tepat dapat merusak bahan dan lapisan pelindungnya.
  7. Secara berkala, jangan lupa periksa jas hujan untuk mendeteksi adanya celah atau sobekan. Jika ditemukan, sebaiknya segera perbaiki menggunakan perekat tahan air atau bawa ke tukang jahit yang berpengalaman.

Baca juga: Tidak Hanya Menambah Kebersihan, Ini 5 Manfaat Mencuci Motor!

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab jas hujan mudah rusak dan bagaimana cara merawat jas hujan agar awet. Selain jas hujan, Eigerian juga memerlukan berbagai safety riding yang lengkap supaya bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Bagi Eigerian yang sedang membutuhkan perlengkapan riding yang berkualitas dengan harga terbaik, Eigerian bisa mendapatkan produk-produk EIGER yang ideal untuk kegiatan berkendara. Temukan koleksi terbarunya di website resmi EIGER Adventure sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru