HomeTips & Trick8 Wanita Traveler Indonesia sebagai Kartini Masa Kini Paling Inspiratif

8 Wanita Traveler Indonesia sebagai Kartini Masa Kini Paling Inspiratif

Rasanya, semua dari kita pasti sudah tahu ada peringatan apa di tanggal 21 April setiap tahunnya. Tepat sekali, Hari Kartini! Raden Ajeng Kartini adalah salah satu pahlawan nasional wanita yang hebat dan menjadi salah satu wanita berpengaruh pada masanya. Wanita kelahiran Jepara, tanggal 21 April 1879 ini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara.

Bahkan, RA Kartini juga dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita yang semakin naik daun di era modern ini. Sosok RA Kartini yang dikenal sebagai penggerak kebangkitan wanita memang begitu menginspirasi para perempuan Indonesia. Jika dulu banyak hal yang dianggap tabu untuk dilakukan kaum wanita, kini semua telah berubah. Para wanita bebas melakukan berbagai hal, termasuk berkarya hingga traveling. Penasaran seperti apa sosok Kartini Masa Kini?

Ada banyak sekali sosok Kartini Masa Kini yang bisa menjadi role model dalam berbagai hal, termasuk untuk urusan traveling. Sekarang ini memang banyak sosok traveler wanita yang bisa menjadi inspirasi kita untuk menjelajah Indonesia, bahkan dunia. Tidak hanya sekadar berlibur, mereka juga membagikan kisah inspiratifnya ketika melakukan perjalanan yang tidak biasa.

Kartini Masa Kini

8 Wanita Traveler Indonesia Sebagai Kartini Masa Kini

kartini masa kini terbaik

Berikut ini adalah daftar wanita traveler Indonesia, sebagai Kartini Masa Kini yang sosoknya sangat menginspirasi! Yuk, intip profilnya!

1. Trinity

Di urutan pertama ada nama Trinity yang merupakan salah satu traveler wanita populer di Indonesia yang dikenal melalui kisahnya di buku, Instagram, blog, dan lain sebagainya. Hingga saat ini, Trinity sudah menerbitkan 13 buku, di mana salah satunya diangkat menjadi cerita layar lebar. Melalui “The Naked Traveler“, Trinity telah membagikan berbagai pengalaman perjalanannya. Salah satu pengalaman yang paling mengagumkan adalah saat dirinya hanya membawa satu ransel untuk berkeliling dunia selama setahun penuh.

2. Claudia Kaunang

Sama seperti Trinity, Claudia Kaunang juga seorang traveler wanita asal Indonesia sebagai salah satu Kartini Masa Kini yang juga menulis buku. Saat ini, Claudia telah menulis 16 buku dan pergi ke 16 negara. Claudia seringkali mengajak liburan bersama untuk berwisata di dalam maupun luar negeri. Beberapa di antara kita mungkin menjadi sudah pernah mengikutinya? 

3. Nadine Chandrawinata

Nama Nadine Chandrawinata tentu tidak akan terlewat dalam daftar wanita traveler asal Indonesia sebagai Kartini Masa Kini. Di mulai dari terpilihnya sebagai Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata semakin gemar melakukan perjalanan di Indonesia hingga mancanegara. Apalagi Nadine juga pernah turut andil dalam program “Negeri Dongeng” dan “My Trip My Adventure“. Melalui akun Instagram pribadinya, Nadine kerap mengunggah foto lanskap yang sungguh menginspirasi dan memesona. Kegiatannya selama traveling juga unik dan tidak biasa. 

4. Marischka Prudence 

Nama Marischka Prudence mungkin juga sudah tidak asing lagi bagi penyuka liburan dan jalan-jalan. Marischka mengawali kariernya sebagai jurnalis berita di salah satu stasiun TV, hingga menjadi seorang penulis. “Prue” sapaan akrabnya,  gemar menceritakan perjalanannya melalui blog dan juga Instagram pribadinya. Melalui tulisan dan foto yang dibagikannya, kita akan serasa ikut liburan bersama. Tidak hanya indah, cerita perjalanannya juga akan sangat menginspirasi kita untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.

5. Medina Kamil

Medina Kamil juga menjadi salah satu sosok Kartini Masa Kini, seorang wanita tangguh dan pemberani yang dikenal melalui acara Jejak Petualang. Ibu dari dua anak ini hobi traveling sejak masih remaja. Hidupnya seakan dimanfaatkan untuk menyusuri keindahan alam Indonesia, terutama mendaki gunung. Alhasil, Medina pernah meraih penghargaan sebagai “Sunsilk Unbreakable Woman” pada tahun 2007 lalu. Sama seperti Nadine Chandrawinata, Medina juga turut andil dalam film “Negeri Dongeng” sebagai guest expeditor.

6. Eva Celia

Eva Celia juga kayak masuk ke dalam daftar ini karena dirinya yang memang gemar melakukan backpacker. Sudah banyak tempat eksotis yang dikunjungi, baik di dalam maupun luar negeri. Tidak sekadar liburan, Eva Celia juga turut mendukung kampanye sosial seperti yang pernah dilakukan di Desa Napu, Sumba Timur. Saat itu, Eva Celia melakukan crowdfunding  untuk United Nations Development Programme demi menyediakan pasokan air bersih bagi warga desa.

7. Satya Winnie

Wanita traveler asal Indonesia selanjutnya adalah Satya Winnie. Wanita asal Sibolga ini tergolong multi talented, lho. Sebab, dirinya dikenal bisa mendaki gunung, menyelam, main paralayang, hingga memotret dan membuat video. Kisah perjalanan dari wanita inspiratif yang satu ini dapat kita lihat melalui akun Instagram pribadi miliknya.

8. Khansa Syahlaa

Khansa Syahlaa juga menjadi salah satu wanita traveler inspiratif, karena telah berhasil menjadi pendaki Gunung Cartenz termuda di dunia. Bahkan di usia 15 tahun, Khansa sudah mendaki kurang lebih 60 gunung. Yang terbaru, Khansa Syahlaa bersama dengan ayahnya Aulia Ibnu, dan tim dari Organisasi Pecinta Alam Kirana Sawerigading berhasil mendaki tiga puncak gunung yang dikenal paling sulit di Sulawesi. Ketiga gunung tersebut terbentang di wilayah Masamba, dekat perbatasan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Mereka menempuh perjalanan selama 12 hari, dimulai sejak 21 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Saat ini, Khansa Syahlaa juga menjadi salah satu bagian dari Brand Ambassador Eiger Adventure.

Nah, jika Eigerian terinspirasi dan ingin mendaki gunung juga seperti Khansa Syahlaa, pastikan memakai tas gunung wanita dari Eiger, ya! Perkara kualitas, tidak usah diragukan lagi.

Baca juga: 5 Destinasi yang Cocok untuk Road Trip Bersama Pasangan Atau Sahabat

Yuk, Jadi Kartini Masa Kini!

kartini masa kini indonesia

Untuk melanjutkan perjuangan RA Kartini, sebagai generasi millennials kita harus berkeinginan kuat dan mandiri seperti RA Kartini demi kemajuan bangsa. Mungkin kita akan langsung berpikir sangat sulit menjadi seperti RA Kartini. Tapi, ternyata kita bisa jadi Kartini Masa Kini dengan melakukan 5 langkah sederhana ini untuk diterapkan pada diri sendiri.

  1. Untuk menjadi Kartini Masa Kini, kita harus mampu mengatur waktu dengan baik.
  2. Niatkan pada diri sendiri untuk terus belajar dari hal-hal baru. Dengan begitu, kita bisa memperjuangkan hak-hak kita sendiri.
  3. Belajar bahasa baru, kenapa tidak? Hal ini, akan menjadi keseruan yang luar biasa, lho.
  4. Banyak membaca, dan jadilah Kartini Masa Kini dengan bergerak dan melakukan perubahan.
  5. Berani bermimpi dan mewujudkannya.

Baca juga: Bingung Menentukan Outfit ke Puncak? Cek 5 Inspirasinya di Sini!

Berani tampil dan tunjukkan eksistensi sebagai wanita Indonesia! Mari kita ambil peran masing-masing dan turut andil menjadi Kartini Masa Kini yang menginspirasi lebih banyak lagi orang. Jika gemar traveling, sederet nama wanita traveler Indonesia di atas tentu bisa dijadikan sebagai role model. Delapan wanita traveler asal Indonesia tersebut menjadi simbol empowering women. Mereka menjadi bukti bahwa perempuan juga bisa berprestasi dan menginspirasi melalui karya, serta segudang kegiatannya yang tidak biasa. 

Supaya lebih percaya diri, Eiger Adventure punya produk woman series terbaik untuk menunjang hobi traveling kita, lho! From head to toe, semua tersedia lengkap dengan variasi dan harga yang super menarik. Cek koleksi selengkapnya di website Eiger Adventure Official, yuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru