HomeTips & TrickRiding7 Langkah Memulai Motovlog, Ini yang Harus Diperhatikan!

7 Langkah Memulai Motovlog, Ini yang Harus Diperhatikan!

Salah satu konten yang cukup diminati belakangan ini oleh para rider adalah motovlog. Frasa ini sendiri berasal dari dua kata utama, moto dan vlog. Sementara moto mengacu pada kegiatan berkendara dengan menggunakan motor, vlog mengacu pada sebuah catatan perjalanan atau konten berupa video yang memiliki cerita atau pesan tersendiri.

Motovlog kemudian bisa Eigerian pahami sebagai sebuah kegiatan berkendara yang merekam perjalanan menggunakan konsep vlog. Konten ini kemudian diedit sedemikian rupa, dan diunggah pada media sosial untuk berbagai pengalaman, konten, hingga melakukan monetisasi dan memperoleh keuntungan rupiah dari konten yang diunggah.

Baca Juga: Style Bandana Pria Saat Riding, Cek Rekomendasi Terbaiknya!

Lebih dalam Soal Motovlog, Cermati di Sini!

motovlog
Sumber: freepik.com

Istilah motovlog sendiri muncul di Indonesia pada sekitar tahun 2016 lalu. Kegiatan ini dilakukan dengan berkendara menggunakan motor, merekam perjalanan, dan memberikan komentar atas perjalanan dan kejadian yang dialami selama perjalanan berlangsung.

Konten yang diunggah kemudian bisa berupa banyak hal, sekedar perjalanan melewati jalur yang diinginkan, tips mengendarai motor yang baik dan benar, tips berguna untuk bermotor, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan riding.

Pelaku utama dari konten seperti ini disebut dengan motovlogger, yakni orang yang membuat video atau menjadi subjek dari video blog yang dibuat. Motovlogger kemudian digolongkan jadi dua jenis, yakni orang yang memberikan komentar atau percakapan dalam kotennya, dan orang yang sekedar membagikan video riding yang dimilikinya.

Ingin Jadi Motovlogger? Ini Tips untuk Pemula yang Bisa Eigerian Coba

motovlog
Sumber: freepik.com

Pertanyaan berikutnya, bagaimana sih cara cari motovlogger atau langkah awal untuk memulai aktivitas ini?

Mungkin sebagian besar dari Eigerian yang membaca artikel ini sudah memiliki orientasi profit dari aktivitas membuat konten tersebut. Tapi harus diingat, untuk sampai pada konten yang mendatangkan keuntungan, perlu proses panjang dan hal ini bukan urusan mudah.

Yang pasti, semua harus dimulai dengan langkah yang tepat agar permulaan berjalan lancar. Beberapa langkah ini bisa Eigerian coba untuk memulai ‘karir’ di segmen motovlog.

1. Riding adalah Bagian Hidupmu

Lakukan apa yang kamu sukai, dan hal itu akan membawamu pada kebahagiaan. Hal yang sama juga bisa kamu terapkan pada konteks ini, dalam membuat video blog saat riding. Tanpa ketertarikan pada riding, konten yang kamu buat bisa dipastikan akan terasa hambar dan kurang greget.

2. Belajar tentang Motor dan Berkendara

Semakin banyak informasi yang kamu punya soal riding dan motor, maka komentar dan narasi yang kamu berikan bisa semakin menarik. Apa yang Eigerian sampaikan bisa membuat orang yang melihatnya merasa relate, sehingga menyukai konten ini.

3. Punya Ciri Khas

Agar konten yang dibuat bisa fokus, tentukan satu topik utama dari video yang kamu buat. Punya ciri khas juga akan jadi hal yang sangat dianjurkan, sehingga video yang kamu unggah bisa dikenali dengan mudah oleh penikmatnya.

4. Punya Perlengkapan yang Diperlukan

Sedikit ke ranah teknis, kamu juga perlu perlengkapan untuk membuat video saat berkendara. Tidak harus menggunakan action cam yang mumpuni, tapi kamu harus menggunakan peralatan yang tepat untuk perangkat yang kamu punya.

Tentu action cam akan jadi hal yang sangat memudahkan, tapi hal ini bisa dikesampingkan jika kamu masih tahap merintis dan memiliki budget yang terbatas.

5. Belajarlah Editing

Nah untuk editing sendiri kini cukup banyak software yang bisa dipakai. Mulai dari perangkat lunak yang digunakan di smartphone hingga apa yang bisa kamu gunakan di perangkat komputer. Gunakan perangkat dengan metode paling mudah, dan anggap saja sebagai proses belajar untuk terus menjadi lebih baik.

6. Akun Media Sosial

Eigerian juga perlu akun media sosial dan paham benar pengaturannya. Kamu bisa membuat akun Instagram, TikTok, atau YouTube untuk mengunggah videomu ini. Cermati pengaturan yang digunakan agar reach-mu semakin maksimal, dan pastikan kamu tidak melanggar ketentuan konten yang diunggah.

7. Mulai Buat dan Terus Berkembang

Sesudah mempersiapkan semuanya, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah segera mengeksekusi rencana ini. Realisasikan agendamu menjadi motovlogger, dan jangan ragu mengunggahnya.

Di waktu bersamaan coba pelajari terus tentang optimasi konten di media sosial yang kamu pakai, atau bahkan buat blog untuk dikelola sendiri supaya kamu bisa berekspresi dan melakukan eksperimen yang kamu inginkan di vlog-mu.

Tampil Keren saat Riding dan Jadi Motovlogger Bersama Eiger Adventure

Setelah tahu apa itu motovlog dan bagaimana cara memulainya, kini kamu juga harus bersiap untuk bisa tampil keren dalam video yang kamu buat. Tentu saja, Eiger Adventure menyediakan berbagai riding gear yang keren serta berkualitas untuk digunakan dalam vlog yang akan kamu buat.

1. Eiger Panone Ride Gloves

motovlog
Sumber: Eiger Adventure

Sarung tangan ini bisa mendukung tampilan dalam vlog yang kamu buat, karena praktis bagian tangan akan selalu muncul dalam frame videomu. Dengan aksen putih liner di bagian sisi luar, kesan yang diberikan akan semakin dinamis. Harganya juga terjangkau, karena full glove ini bisa kamu bawa pulang dengan harga Rp133,900 saja.

2. Eiger Newark Long Cargo Pants

motovlog
Sumber: Eiger Adventure

Kedua adalah celana kargo dari Eiger Adventure. Dengan harga Rp592,900, kamu bisa membawa pulang celana keren ini. Selain nyaman digunakan celana kargo dari Eiger Adventure ini juga memiliki daya tahan yang baik, jadi kamu bisa mendapatkan proteksi maksimal selama membuat konten dan berkendara.

3. Eiger Exre Reditch Jacket

motovlog
Sumber: Eiger Adventure

Hadir dalam warna navy dan dark grey, jaket riding ini memberikan perlindungan pada terpaan angin sekaligus tampilan keren untuk bagian lengan saat kamu berkendara. Beberapa detail berupa patch di bagian jaketnya juga membantu kamu tampil keren saat di video. Kamu bisa membawa pulang jaket ini dengan harga Rp749,000 saja.

4. Eiger Hades Shoes

motovlog
Sumber: Eiger Adventure

Keren, kokoh, solid, dan sangat nyaman digunakan, seri Hades ini jadi salah satu produk paling laris dari Eiger Adventure karena stoknya cepat sekali habis. Harganya yang sepadan dengan kualitas yang diberikan benar-benar memuaskan, sehingga selalu dilirik oleh Eigeran yang gemar riding. Selain itu, bentuknya yang unik juga tampak keren saat masuk ke frame videomu.

Baca Juga: 6 Tips Perjalanan Jauh Naik Motor Agar Aman dan Nyaman 

Motovlog jadi salah satu hal yang menarik untuk dicoba, terlebih jika Eigerian adalah tipe rider yang benar-benar mengulik soal berkendara dan punya rasa ingin tahu yang besar pada motor dan perjalanan. Tentu saja, didukung dengan perlengkapan berkualitas dari Eiger Adventure, kegiatan ini bisa dilakukan semakin maksimal. Dapatkan produk Eiger Adventure langsung di situs resminya, dan nikmati benefit harga terbaik, jaminan produk ori, gratis ongkir, dan metode pembayaran beragam yang membuatmu leluasa untuk transaksi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru