HomeTips & TrickRidingIni 7 Penyebab Paling Umum Motor Mogok dan Cara Mengatasinya

Ini 7 Penyebab Paling Umum Motor Mogok dan Cara Mengatasinya

Sebagai seorang rider yang menjadikan motor sebagai bagian dari dirinya, melakukan perawatan pada motor kesayangan jelas adalah sebuah hal mutlak. Selain agar terhindar dari kejadian motor mogok, hal ini juga demi menjaga keselamatan Eigerian saat melakukan perjalanan.

Karena terbangun dari banyak sekali komponen penting, masing-masing bagian harus bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jika terjadi kerusakan, risiko motor mogok kemudian harus dihadapi saat itu juga. Maka penting untuk Eigerian semua tahu apa saja kira-kira penyebab paling umum motor kesayangan mengalami mogok, dan cara mengatasinya agar segera bisa kembali riding melanjutkan agenda.

Selengkapnya tentang penyebab motor mogok dan cara-cara mengatasinya, bisa Eigerian perhatikan dalam masing-masing poin berikut ini.

Baca Juga: 7 Cara Agar Tidak Masuk Angin Saat Naik Motor, Coba Yuk!

1. Pertama, Mogok Karena Bahan Bakar

Well seharusnya ini tidak lagi terjadi jika Eigerian merupakan rider yang sudah memiliki jam terbang cukup tinggi. Pasalnya, kamu jelas tahu benar bahan bakar apa yang harus diisikan pada motor kesayangan.

Tapi tidak jarang bahan bakar yang dibeli tidak pada penjual resmi memiliki campuran atau kualitasnya tidak standar. Maka dari itu, bisa saja motor mogok karena adanya kontaminasi di dalam bahan bakar yang dipakai.

Solusinya adalah dengan memastikan kamu mengisi bahan bakar di SPBU resmi, dan isi dengan BBM beroktan sesuai dengan kebutuhan. Jika masalahnya ada di bahan bakar yang kotor dan menyumbat, kamu bisa membawanya ke bengkel untuk proses pembersihan saluran bahan bakar.

2. Motor Mogok Karena Busi yang Kotor

motor mogok
Sumber: freepik.com

Hal kedua yang jadi penyebab paling umum motor mogok adalah karena busi yang kotor. Ketika motormu mogok, coba periksa bagian busi yang digunakan. Lepas busi dari mesin, dan periksa apa bagian elektrodanya kotor atau tidak.

Kalau busi tampak kotor dan menghitam, kamu bisa membersihkannya dengan lap bersih kemudian diamplas untuk menghilangkan debu. Jika tetap tidak bisa digunakan setelah busi bersih, maka bisa jadi busi sudah mencapai batas pemakaian.

Solusi akhirnya adalah mengganti busi yang baru. Kamu bisa dengan mudah membawa busi bertipe serupa, atau membawanya ke bengkel terdekat.

3. Coba Cek Filter Udara

Komponen ketiga yang cukup sering bermasalah adalah bagian filter udara. Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin untuk proses pembakaran.

Ketika filter udara kotor, udara yang diperlukan tidak akan bisa tercukupi. Akibatnya motor bisa mogok dan tidak lagi mau menyala.

Solusi dari masalah ini adalah dengan membersihkan bagian tersebut. Setelah itu, selalu jaga kebersihannya dengan membawanya ke bengkel kepercayaanmu. Ada kalanya filter udara memang perlu diganti, tapi untuk waktu penggantian, kamu bisa berkonsultasi lebih dulu dengan staf bengkel.

4. Apa Saatnya Mengganti Karburator?

motor mogok
Sumber: freepik.com

Motor mogok juga bisa disebabkan karena bagian karburator kotor. Karburator yang kotor bisa membuat campuran udara dan bahan bakar tidak tepat, dan mesin tidak bisa menyala dan beroperasi seperti seharusnya.

Jika benar ini yang terjadi, cara terbaik adalah membawa motor ke bengkel untuk dilakukan pembersihan. Solusi pembersihan ini harus dilakukan agar karburator kembali berfungsi. Namun pada skenario terburuk ketika karburator sudah harus diganti, well, tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan unit yang baru.

5. Pengisian Daya Aki Motor

Masalah di aki mudah dilacak karena menunjukkan gejala yang sangat kentara. Mulai dari lampu yang tidak menyala sempurna dan motor sudah dinyalakan, hal ini jadi tanda-tanda utama aki motor sudah kehabisan daya atau tidak dapat terisi secara otomatis.

Aki menjadi sumber kelistrikan dari motor yang kamu punya. Ketika daya di dalamnya tidak lagi tersedia, maka banyak komponen akan terganggu, dan berujung pada motor yang mogok.

Solusi utama dari masalah ini adalah melakukan pengisian ulang aki dengan benar. Serupa dengan beberapa komponen lain, ketika aki sudah habis masa pakainya, kamu juga harus melakukan penggantian.

6. Mogok Karena Overheat

motor mogok
Sumber: freepik.com

Ketika kamu menggunakan motor untuk perjalanan jauh, ada kalanya mesin motor berada dalam titik yang terlalu panas. Kondisi overheat ini bisa memicu kerusakan pada beberapa komponen, dan memaksa motor untuk berhenti total.

Idealnya motor yang berfungsi normal akan sulit mengalami overheat. Tapi saat sistem pendingin motor tidak lagi berfungsi dengan baik, maka kondisi ini bisa dengan mudah terjadi.

Solusi paling mudah adalah dengan mendiamkan motor agar suhu mesin turun dengan sendirinya. Setelah bisa dikendarai, segera datangi bengkel terdekat dan periksa sistem pendinginan mesin yang ada di motormu.

7. Simpel, Coba Cek Keran Bensin

Sebenarnya keran bensin ini hampir selalu berada dalam kondisi terbuka. Tapi biasanya saat motor tidak digunakan dalam waktu lama, keran bensin akan ditutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Solusi atas masalah ini jelas adalah dengan membuka keran bensin, dan menunggunya selama beberapa saat agar bensin turun ke bagian mesin. Dalam waktu singkat, motormu akan bisa kembali menyala.

Baca Juga:  7 Jaket Riding EIGER untuk Berkendara Aman dan Nyaman

Cukup bisa dimengerti ‘kan penjelasan 7 penyebab motor mogok di atas?

Nah, setelah tahu, ada baiknya kamu secara rutin melakukan pengecekan berkala pada kondisi motor. Lagipula, motor ini adalah salah satu benda kesayanganmu juga ‘kan? Maka dari itu, selalu berada dalam kondisi prima bisa jadi bentuk rasa sayang yang tulus untuk motormu.

Selain tahu tentang poin penting di atas, kamu juga sebaiknya selalu memastikan penggunaan riding gear yang berkualitas. Untuk mendukung aktivitas riding-mu, beberapa produk Eiger ini bisa jadi jawaban.

Riding Seru, Aman, dan Nyaman Bersama Eiger Adventure

Eiger Sukela Gloves

motor mogok
Sumber: eigeradventure.com

Tersedia dalam tiga ukuran berbeda, kamu juga bisa memilih dua varian warna yang bisa disesuaikan dengan outfit-mu. Cukup terjangkau, harganya hanya Rp143.100 saja.

Eiger Voyage Aviator Sunglasses

motor mogok
Sumber: eigeradventure.com

Menjadi salah satu produk andalan Eiger Adventure untuk menemani riding yang kamu lakukan, kacamata ini akan melindungi pandangan dari silau matahari. Harganya terjangkau, Rp223.200, dan tersedia dalam dua pilihan warna yang unik dan menarik.

Eiger Rexon 1.0 Rainsuit

motor mogok
Sumber: eigeradventure.com

Untuk melindungi diri dari terpaan hujan saat berkendara, kamu juga memerlukan mantel yang tepat. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran, dengan harga Rp547.900 saja. Berkualitas dan membuatmu tetap modis, tidak ada alasan kamu tidak membelinyua.

Eiger Townsend F1 Shirt

motor mogok
Sumber: eigeradventure.com

Supaya tampilanmu semakin keren saat riding, kamu bisa mengandalkan outer ini. Tersedia dalam empat varian ukuran dan dua varian warna, kamu bisa mendapatkan item ini dengan harga Rp399.000 saja.

Baca Juga: 5 Cara Naik Motor yang Aman, Lengkapi Riding Gear dari EIGER

Itu tadi beberapa item yang bisa membantu kamu dalam kegiatan riding. Semoga informasi tentang penyebab dan cara mengatasi motor mogok dari Eiger Adventure  ini berguna, dan jangan lupa selalu membeli produk-produk terbaik dari Eiger Adventure di website resmi Eiger Adventure. Kamu bisa mendapatkan jaminan produk original, harga terbaik, gratis ongkos kirim ke berbagai daerah, hingga pembayaran mudah dengan banyak metode. Persiapkan dirimu dengan baik, dan selamat riding!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru