HomeTips & TrickTravelingPasar Barang Antik Populer di Indonesia, Yuk Berburu Barang Langka!

Pasar Barang Antik Populer di Indonesia, Yuk Berburu Barang Langka!

Di Indonesia, barang-barang antik dan kuno banyak yang dijual bebas di pasar dan bahkan beberapa kota memiliki pasar barang antik yang cukup ikonik. Bagi Eigerian yang suka barang klasik mungkin akan menganggap pasar barang antik sebagai ladang perburuan harta karun. Sebab, di sana ada banyak sekali barang-barang yang sudah tidak diproduksi oleh pabriknya bahkan sudah jarang dimiliki oleh orang-orang.

Penasaran, pasar barang antik yang paling populer di Indonesia berlokasi di kota mana saja? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Daftar Lokasi Pasar Barang Antik di Indonesia

pasar barang antik
Sumber: Freepik

Bagi Eigerian yang ingin mencoba ikutan berburu barang antik, berikut ini adalah beberapa lokasi pasar barang antik yang paling populer di Indonesia.

  1. Blok M Square, Jakarta. Ini adalah tempat yang cocok bagi Eigerian yang gemar berburu buku atau kaset-kaset musik jadul. Puluhan kios berdiri di lantai dasar Blok M Square menjual buku-buku, komik, kaset-kaset dari tahun 1980-an hingga 1990-an dengan harga yang relatif terjangkau.
  2. Jalan Surabaya, di kawasan Menteng Jakarta. Ini adalah salah satu sentra penjaja barang antik di ibukota yang berada di kawasan perumahan elit di Menteng, Jakarta Pusat. Kawasan ini cukup ikonik sebagai pasar barang antik lho, karena kios-kios penjual sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Di sini Eigerian bisa menemukan berbagai perabot rumah tangga antik dan kuno, seperti vas, lampu, piring, hingga alat elektronik.
  3. Pasar Elektronik Cikapundung, Bandung. Saat berkunjung ke Pasar Elektronik Cikapundung, Braga, Bandung, Eigerian bisa naik ke lantai tiga. Di sana Eigerian akan menemui berbagai barang elektronik kuno mulai dari keluaran dalam dan luar negeri. Selain barang elektronik, Eigerian juga bisa menemukan berbagai macam barang antik lainnya, seperti buku, kaset, dan perabot rumah tangga.
  4. Pasar Kuno di Jalan ABC, Bandung. Ada banyak pedagang yang menjual barang-barang antik dan kuno, mulai dari pakain bekas, barang elektronik hingga perabot rumah tangga di pasar ini. Selain itu, Eigerian juga akan menjumpai tukang reparasi barang, penjual jam kaki lima, seniman jalanan hingga, pedagang makanan kaki lima di kanan-kiri jalan.
  5. Pasar Nostalgia, Bandung. Walaupun pasar yang satu ini baru diresmikan tanggal 8 Mei 2017 silam, tapi pasar ini sangat megah dan diklaim sebagai pasar barang antik terbesar yang ada di Indonesia, lho. Di tempat ini, setidaknya ada 60 pelapak barang antik yang menawarkan berbagai barang antik dan juga unik. Jika dilihat dari namanya, pasar barang antik yang satu ini disebut dengan nama pasar Nostalgia karena barang-barang antik yang ada di sini memberikan sebuah nilai kenangan tersendiri yang bisa kita lihat dan rasakan.
  6. Pasar Klitikan Niten di Bantul, Yogyakarta. Jika Eigerian ingin mendapatkan barang antik dan kuno tapi masih bisa berfungsi selain sebagai pajangan, maka berkunjunglah ke Pasar Klitikan Niten, di Bantul Yogyakarta. Di sini hampir semua barang antik yang dijual masih bisa berfungsi, lho. Tapi, kalau ingin mencari untuk sekadar pajangan juga ada banyak.
  7. Pasar Triwindu, Solo. Pasar barang antik yang terletak di Jalan Diponegaro, depan Pura Mangkunegaraan ini sangat terkenal, bahkan menjadi tujuan wisata. Ini bisa menjadi tempat perburuan barang dekorasi ruangan antik, apalagi toko-toko di Triwindu sengaja menata barang-barang mereka hingga memenuhi sudut lorong-lorong bangunan. Sangat cantik dan Instagramable!
  8. Pasar Klitikan Antik, Semarang. Di pasar ini, Eigerian bisa membeli berbagai barang antik. Selain menjual, kios-kios yang ada di sana juga menerima barter barang-barang antik milik mereka. Dan bagi Eigerian yang ingin mencari motor-motor lawas, pasar yang satu ini memang tempatnya. Eigerian bisa mendapatkan motor lawas seperti Vespa ataupun honda pitung yang sudah sangat lawas, lho. Menarik, bukan?

Selain beberapa pasar barang antik yang telah disebutkan di atas, sebetulnya masih ada banyak lagi lokasi pasar barang antik yang tersebar di Indonesia. Di daerah tempat tinggal Eigerian, apakah ada pasar barang antik juga?

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits, Cek Yuk!

Tips Berkunjung ke Pasar Barang Antik di Indonesia

pasar barang antik
Sumber: Eiger Adventure

Berkunjung ke pasar barang antik bisa jadi pengalaman yang menarik dan mendebarkan. Eigerian bisa menemukan barang-barang langka dan bersejarah yang mungkin sulit ditemukan di tempat lain. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk membantumu saat berkunjung ke pasar barang antik:

  1. Cari tahu lebih banyak tentang barang-barang antik yang kamu minati sebelum mengunjungi pasar. 
  2. Tentukan berapa banyak uang yang ingin kamu belanjakan sebelum pergi ke pasar.
  3. Jangan lupa periksa kondisi barang secara menyeluruh, karena barang antik mungkin memiliki kerusakan atau keausan tertentu yang harus dipertimbangkan.
  4. Banyak barang di pasar barang antik bisa ditawar, jadi jangan ragu untuk menawar harga dengan sopan.
  5. Pastikan barang yang kamu beli adalah asli. Sebaiknya, miliki pengetahuan tentang tanda tangan, cap, atau ciri-ciri khusus dapat membantumu mengenali barang asli.
  6. Bawa peralatan pemeriksaan seperti loop (mikroskop kecil) atau alat pemeriksaan lainnya yang dapat membantumu memeriksa dengan lebih rinci keaslian dan kondisi barang antik.
  7. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada penjual tentang sejarah barang, proveniensinya (asal-usulnya), atau informasi lain yang relevan. 
  8. Pasar barang antik sering kali menjadi tempat peredaran barang replika dan palsu, jadi jaga kewaspadaan dan teliti sebaik mungkin.
  9. Sebaiknya jangan terburu-buru dalam membuat keputusan, sebab berbelanja barang antik membutuhkan kesabaran dan kewaspadaan. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Akhir Tahun 

Pasar barang antik memang bisa menjadi tempat yang menarik untuk mengejar hobi koleksi atau mencari barang-barang unik. Dengan pengetahuan dan persiapan yang baik, Eigerian dapat meningkatkan peluang untuk menemukan barang antik yang berharga.

Supaya lebih nyaman saat berkunjung ke pasar barang antik, jangan lupa pakai outfit yang sesuai, ya! Eigerian bisa menemukan berbagai macam produk berkualitas dari EIGER yang bisa mendukung outfit saat berkunjung ke pasar barang antik. Jangan lupa manfaatkan promo diskon spesial, gratis ongkir, dan jaminan produk original saat belanja di website resmi Eiger Adventure. Cek sekarang, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru