HomeTips & TrickRidingTips Perawatan Motor Listrik Agar Awet dan Performa Berkendara Tetap Terjaga

Tips Perawatan Motor Listrik Agar Awet dan Performa Berkendara Tetap Terjaga

Populasi motor listrik sudah mulai menjamur di mana-mana, di mana penggunanya datang dari kalangan yang beragam. Mereka yang memilih motor listrik dengan alasan yang bermacam-macam, mulai dari kesadaraan untuk mengurangi polusi hingga minimnya perawatan. Alasan yang kedua memang menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah motor listrik, tapi benarkah motor listrik bebas perawatan?

Seperti diketahui, motor listrik punya komponen yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan motor bermesin pembakaran internal. Dengan begitu, motor listrik tidak membutuhkan oli mesin atau oli transmisi yang mesti diganti secara rutin. Meski demikian, perawatan tertentu tetap dibutuhkan agar motor listrik bisa awet dan performanya tetap optimal.

Tips Perawatan Motor Listrik Agar Awet

perawatan motor listrik
Sumber: Freepik

Perlu dipahami, perawatan motor listrik sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur pakainya. Nah, berikut ini ada beberapa langkah umum yang dapat Eigerian lakukan untuk merawat motor listrik:

1. Bersihkan Motor Listrik Secara Berkala

Pastikan motor listrik milikmu selalu dalam keadaan bersih. Hal ini penting, sebab debu dan kotoran dapat mengganggu kinerja motor dan memperpendek umur pakainya. Eigerian bisa menggunakan sikat lembut dan kompresor udara untuk membersihkan motor secara teratur.

2. Periksa Kabel dan Sambungan pada Motor

Eigerian juga harus memastikan semua kabel dan sambungan pada motor dalam kondisi baik. Sambungan yang longgar atau rusak tentunya bisa menyebabkan masalah listrik atau bahkan kebakaran. Selain itu, periksa juga apakah kabel-kabel tersebut terlindungi dengan baik.

3. Cek Pelumas!

Beberapa motor listrik memerlukan pelumasan untuk mengurangi gesekan dan panas yang dihasilkan oleh komponen bergerak di dalamnya. Jadi, pastikan Eigerian menggunakan pelumas yang sesuai dan mengikuti jadwal pelumasan yang direkomendasikan oleh produsen.

4. Ganti Sikat Karbon

Jika motor listrik milikmu menggunakan sikat karbon, periksa keadaan sikat karbon secara berkala, ya. Sikat karbon yang aus perlu diganti untuk menjaga kinerja motor yang optimal.

5. Periksa Pendingin

Tips berikutnya, Eigerian perlu memastikan sistem pendinginan motor berfungsi dengan baik. Motor listrik menghasilkan panas saat beroperasi, dan sistem pendingin yang akan membantu menjaga suhu agar tetap dalam batas aman. Pastikan lubang-lubang pendingin tidak tersumbat dan kipas, atau sistem pendingin berfungsi dengan baik.

6. Periksa Perlindungan

Motor listrik juga sering dilengkapi dengan perlindungan termal untuk mencegahnya dari overheat. Eigerian harus memastikan perlindungan ini berfungsi dengan baik dan segera ganti jika rusak.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen, ya. Ini bisa mencakup pembersihan, pelumasan, dan pemeriksaan berkala. Jika Eigerian merasa tidak yakin bagaimana melakukan perawatan motor listrik dengan benar, sebaiknya berkonsultasi dengan teknisi listrik atau petugas perawatan yang berpengalaman.

Baca juga: Inilah Fungsi, dan Cara Merawat Sepatbor Motor

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengendarai Motor Listrik

Selain tips perawatan motor listrik sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang perlu Eigerian perhatikan juga, nih! Ternyata, menggunakan motor listrik tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Cek, yuk!

  • Meskipun motor listrik sudah dirancang sedemikian rupa agar tetap aman digunakan saat hujan dan melewati genangan air, tapi sebagai langkah antisipasi, ada baiknya Eigerian tidak nekat menerobos banjir.
  • Hindari mencuci motor listrik dengan air bertekanan demi keamanan komponen kelistrikan. Hal ini utamanya berlaku saat hendak membersihkan bagian kolong bodi motor, di mana terdapat semacam kisi-kisi udara yang bisa menjadi celah air menyusup ke sistem kelistrikan. 
  • Jangan biarkan baterai terpasang jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu lama! Baterai perlu dicabut karena baterai akan mengalami self discharge saat motor tidak digunakan. Tapi sebelum melepasnya, sebaiknya Eigerian mengisi daya baterai terlebih dahulu hingga penuh. 

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor yang Sulit Dihidupkan, Apa Saja?

Motor Listrik Terawat, Siap Riding Lagi!

perawatan motor listrik
Sumber: Eiger Adventure

Itulah beberapa tips perawatan motor listrik dan hal-hal yang perlu dihindari. Jika disimpulkan, sebenarnya perawatan yang diperlukan bisa dibilang sama saja atau bahkan lebih ringan dibandingkan motor bermesin pembakaran internal, ya?

Nah, kalau motor listrik terawat dengan baik, Eigerian tentu tak perlu merasa khawatir saat riding. Tapi, riding dengan nyaman dan aman tentunya memerlukan perlengkapan seperti:

  • Helm yang pas, nyaman, dan sesuai dengan standar keselamatan.
  • Pakaian yang sesuai, ditambah pelindung seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu yang memadai.
  • Aksesoris tambahan seperti kacamata, bandana, dan lain sebagainya.
  • Tas atau ransel untuk menyimpan barang-barang penting yang diperlukan.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi tas ransel yang bisa dibawa saat riding motor listrik. Cek pilihannya satu per satu, yuk!

1. EIGER WHEELS 20L BACKPACK

perawatan motor listrik

Bawa semua perlengkapan dan bersiap untuk berkeliling kota untuk perjalanan harian atau pun saat di akhir pekan dengan menggunakan ransel Wheels 20L. Tas berbahan ringan tapi kuat ini dilengkapi kompartemen utama dengan saku di bagian dalam untuk menyimpan dokumen. Ada juga saku di bagian depan yang dapat digunakan untuk barang-barang yang membutuhkan akses cepat. Sedangkan dua saku di bagian samping berfungsi untuk menaruh botol minum.

2. EIGER BTR CANVAS LAPTOP WS BACKPACK

perawatan motor listrik

Dibuat menggunakan bahan canvas yang punya durabilitas tinggi dengan tampilan klasik, BTR Canvas Laptop Women Series ini hadir untuk menemani aktivitas sehari-hari dan juga untuk perjalanan singkat. Ransel ini punya kompartemen utama yang cukup luas untuk memuat kebutuhan harian dan laptop berukuran 14 inch. Tali bahu tas ini dirancang secara khusus agar pas dipakai mengikuti tubuh wanita dan memberikan kenyamanan saat membawa beban.

3. EIGER HIGHWAY 15L 2.0 BACKPACK

perawatan motor listrik

Highway 15L 2.0 adalah ransel yang sangat cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, termasuk saat riding. Tas berkapasitas 15 liter ini dilengkapi fitur kompartemen utama dengan saku dalam untuk menyimpan dokumen dan organizer dengan gantungan kunci dan saku depan untuk akses cepat. Ada dua saku samping yang bisa Eigerian gunakan untuk membawa botol air minum. Selain itu, tas ini juga memiliki detail reflektif dan ring D di bagian depan untuk menggantungkan aksesoris seperti topi, carabiner, dan lain sebagainya. Menari, bukan?

4. EIGER COOPER 17 BACKPACK

perawatan motor listrik

Cooper 17L adalah backpack berbahan canvas yang punya durabilitas tinggi dengan tampilan tangguh dan klasik, sehingga sangat cocok digunakan untuk berkegiatan, baik saat berjalan-jalan maupun berkendara sepeda motor. Tas ini juga dilengkapi kompartemen utama dengan saku di bagian dalam. Saku yang ada di bagian depan dapat digunakan untuk menyimpan barang yang lebih kecil, sedangkan saku di bagian samping dapat digunakan untuk menyimpan botol air.

5. EIGER CRANKSHAFT HYDROPACK

perawatan motor listrik

Crankshaft Hydropack adalah hydration pack yang didesain secara khusus untuk menjagamu tetap terhidrasi saat berkendara. Untuk perjalanan dekat maupun jauh, Eigerian tidak harus repot membawa botol minum, tapi Eigerian bisa dengan mudah mengakses air minum melalui kompartemen khusus yang dapat memuat water bladder ukuran 1,5 liter. Saku depan tas ini dilengkapi juga dengan organizer dan gantungan kunci untuk menaruh barang-barang yang sering diakses.

Pastikan Eigerian memilih perlengkapan yang sesuai dengan jenis kendaraan dan kondisi cuaca saat berkendara, ya! Eigerian bisa menemukan dan membeli tas ransel untuk riding maupun perlengkapan lainnya di website Eiger Adventure Official. Belanja berbagai macam perlengkapan riding di website EIGER terjamin kualitasnya. Semua produk original dengan kualitas dan harga terbaik. Jangan lupa cek promo diskon dan gratis ongkir, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru