HomeTips & TrickRiding7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, dan Cara Mengatasinya

Aki atau baterai sepeda motor adalah salah satu komponen penting dalam mesin motor. Namun kadang ada beberapa masalah aki yang bisa saja kita hadapi. Salah satunya aki motor tidak mengisi. Jika ini terjadi, sabar dulu ya Eigerian jangan terburu-buru mengganti aki baru. Yuk cari tahu dulu penyebab aki motor tidak mengisi. 

Fungsi Aki Motor

Aki motor adalah komponen yang menyimpan daya listrik. Baik motor maupun mobil memerlukan aki agar mesin dapat menyala. Daya listrik yang dihasilkan pada motor, akan disimpan pada aki terlebih dahulu sebelum kemudian didistribusikan kepada komponen – komponen kendaraan yang lainnya.

Namun, selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan listrik, ternyata aki juga mempunyai peran lainnya. Diantaranya; menstabilkan tegangan. sumber energi listrik, dan menyimpan energi listrik.

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Eigerian, ada banyak soal penyebab kenapa aki tidak mengisi. Yuk cek 7 daftar penyebabnya di bawah ini:

1. Kerusakan pada Kiprok Jadi Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Pada aki terdapat bagian yang disebut kiprok atau regulator. Fungsi komponen ini adalah keran yang menghantarkan listrik dari spull. Sedikit banyaknya aliran listrik pada spull ini diatur oleh kiprok. 

Jangan sampai aliran listrik yang dihantarkan berlebihan dan membuat aki menjadi tekor. Biasanya kamu bisa melihat kerusakan kiprok yang ditandai dengan tidak panas walaupun mesin motor sudah dinyalakan. 

Eigerian bisa mengecek dengan cara lainya, yaitu dengan menahan gas di angka 4000 hingga 5000 rpm, jika tegangan listrik kurang dari 14 volt atau lebih artinya kiprok mengalami masalah. 

2. Kapan Terakhir  Menggunakan Motor 

Kapan terakhir kamu menggunakan motor kesayanganmu? Jangan hanya simpan di garasi ya Eigerian, yuk gunakan motormu atau panaskan setidaknya lima menit setiap hari. Motor yang tidak pernah dinyalakan bisa menjadi tanda kerusakan atau tekor sehingga aktivitas pengisian listrik yang teratur pun tidak terjadi. Kebiasaan ini tentunya harus diubah demi menjaga kualitas mesin dan juga aki motor. 

3. Masalah pada Soket Kiprok 

Penyebab aki motor tidak mengisi selanjutnya adalah berasal dari soket yang gosong atau bahkan meleleh. Aki tidak akan langsung mengalami kerusakan, namun aliran listrik akan terganggu.

Jika aliran listrik ini sudah terganggu, motor akan lebih sulit menyala. Kalau kamu membiarkan kerusakan ini terlalu lama, resikonya akan merambat ke ke bagian aki motor. Termasuk terjadinya korsleting juga bisa dikarenakan soket ini. 

4. Pemasangan Kabel yang Salah 

Sebuah motor atau kendaraan selalu tersedia kabel yang cukup rumit pada sistem kelistrikan. Kabel akan menyambung satu sama lain sebagai penghantar arus listrik. 

Nah kabel yang dipasang kurang rapi bisa picu kerusakan. Jika aliran kabel tidak sempurna, otomatis aliran listrik tidak mengalir  sempurna dan aki pun tidak akan mengisi. 

Kamu perlu waktu untuk mengetahui apakah kabel positif dan negatif pada aki sudah terpasang dengan benar. Tidak boleh ada kabel yang longgar karena dapat mengganggu pengisian aki. 

5. Aki yang Jarang Dibersihkan 

Siapa nih Eigerian yang jarang mengecek kebersihan aki? padahal itu penting loh. Penyebab aki motor tidak mengisi lainya adalah aki yang berkerak berwarna putih. Ini bisa dihindari jika kamu membersihkan aki secara rutin.

Kalau kamu terlalu malas membersihkan kerak tersebut, itu bisa menutup dan menimbulkan jamur pada bagian area baut dan lempengan terminal negatif dan positif. Jangan dibiarkan ya, karena lempengan ini bekerja sebagai penghantar arus listrik. 

6. Modifikasi atau Pemasangan Aksesoris yang Berlebihan 

Apakah kamu hobi memodifikasi motor? bikin motor jadi tambah keren dengan berbagai akseosris. Hanya saja kamu perlu perhatikan beberapa hal. Pertama kamu perlu perhatikan kapasitas baterai dan daya yang dibutuhkan dari aksesoris baru yang dipasang.

Aksesoris yang memakan banyak daya bisa mempengaruhi aliran listrik yang dibutuhkan busi untuk memercikan api. Jika Eigerian salah dalam membeli aksesoris untuk modifikasi dan jumlahnya berlebihan bisa jadi penyebab aki motor tidak mengisi. 

7. Aki Sudah Rusak atau Drop Jadi Penyebab Aki Tidak Mengisi

Penyebab aki motor tidak mengisi selanjutnya juga bisa disebabkan ada masalah pada aki. Aki sudah drop dan rusak yang otomatis tidak bisa menyimpan daya listrik. Jalan keluarnya adalah dengan mengganti aki baru. Cek aki mu secara berkala dengan alat voltmeter. Alat ini bisa mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau aki yang drop secara tepat. 

Kini Saatnya Atasi Aki Motor Tidak Mengisi 

Hanya mengenali penyebab aki tidak mau mengisi saja tidak cukup loh Eigerian. Yuk lakukan pengecekan berikut ini agar kamu tahu betul penyebab kerusakan aki motor.

  • Coba Kurangi Pemasangan Aksesoris

Yuk mulai kurangi aksesoris pada motor. Mula-mula yang pertama adalah melepaskan aksesoris yang paling banyak habiskan daya listrik. Pasangkan komponen utama yang asli dari pabrik. Sekarang kamu bisa cek, apakah aki sudah bisa mengisi daya dengan baik kembali atau belum. 

  •  Yuk Kembali Pemeriksaan Kondisi Aki, Kiprok dan Kabel

Komponen aki, kabel dan kiprok adalah penyebab utama mengapa aki tidak lagi mengisi. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengeceknya satu per satu. Cek kembali kualitas masing-masing komponen tersebut dengan voltmeter. Jika setelah kamu cek kondisinya kurang baik, maka ini saatnya kamu menggantinya. Jangan biarkan komponen rusak terlalu lama, karena bisa menjalar ke area lainnya. 

  • Lakukan Servis untuk Mengisi Ulang Aki 

Kapan terakhir kamu service motor kesayanganmu? Ketika melakukan servis, teknisi akan mengecek kualitas aki motormu juga mengisi ulang daya. Yuk cek dan isi ulang aki motormu. Pengisian daya sebaiknya diawasi oleh petugas yang profesional. Karena pengisian daya pada aki tidak boleh terlalu kecil atau besar. Jika aki mengalami overcharge maka dapat menimbulkan kerusakan. Sedangkan daya yang terlalu kecil juga akan membuat arus listrik yang dibutuhkan kurang. 

Baca Juga: 10 Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti, Cek Disini Sekarang!

Aki Motormu Sudah Bekerja Dengan Baik? Saatnya Kembali Touring!

Solo atau touring, outfitnya tetap dari EIGER Riding ya! Dapatkan berbagai produk untuk menunjang mu berkendara hanya di website resmi EIGER Adventure di eigeradventure.com. Kini kamu bisa dapatkan berbagai keuntungan. Mulai dari bayar dengan banyak metode sampai keuntungan gratis ongkos kirim kemana saja se Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru