HomeTips & TrickGreen & HealthyManfaat Melatih Gerakan Keseimbangan dan 5 Tips Mudah Melakukannya

Manfaat Melatih Gerakan Keseimbangan dan 5 Tips Mudah Melakukannya

Tak dipungkiri, latihan gerakan keseimbangan memang sering kali dikesampingkan. Kebanyakan orang lebih suka latihan beban atau latihan kardiovaskular dibandingkan melatih keseimbangan. Padahal jika dibandingkan dengan latihan-latihan tersebut, gerakan keseimbangan juga sama pentingnya. Melatih gerakan keseimbangan dapat dilakukan setiap hari atau kapan pun kita suka. Manfaat utamanya adalah untuk mencegah cedera saat berolahraga. Jika kita memiliki nyeri punggung, maka latihan keseimbangan ini juga baik untuk membantu proses penyembuhan.

Melakukan latihan gerakan keseimbangan pada awalnya mungkin akan terasa sulit. Namun, jika dilakukan secara rutin dan konsisten tentu saja akan membuat kita menjadi terbiasa dan melakukannya dengan mudah. Bahkan jika nanti sudah mahir, kita dapat variasikan latihan-latihan tersebut sehingga akan terasa lebih menyenangkan. Misalnya yoga, jenis olahraga yang satu ini juga dapat menjadi bentuk latihan keseimbangan yang baik untuk dicoba. Terlebih lagi latihan ini mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Gerakan Keseimbangan

Apa Sih Manfaat Melakukan Gerakan Keseimbangan?

gerakan keseimbangan
Sumber: Freepik

Selain meningkatkan keseimbangan tubuh itu sendiri, melatih gerakan keseimbangan juga memiliki segudang manfaat lain. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan respon tubuh

Pada saat berolahraga ringan, terkadang tubuh bisa kehilangan keseimbangan. Jika hal ini terjadi, maka secara otomatis tubuh akan berusaha untuk menyeimbangkan diri secepat mungkin. Karena jika tidak, bisa dipastikan tubuh akan jatuh bahkan terluka. Latihan keseimbangan akan mendorong tubuh untuk mengalami situasi hampir jatuh seperti ini dalam intensitas yang cukup tinggi. Tubuh akan didorong untuk menyeimbangkan diri dengan cepat, dan reaksi cepat yang terus dilatih ini pun akan berdampak pada respon tubuh. Sehingga hasilnya, kemampuan tubuh untuk merespon akan jadi meningkat.

2. Meningkatkan kesadaran tubuh

Body awareness adalah perasaan tentang bagaimana tubuh akan berorientasi terhadap ruang. Kesadaran tubuh ini juga dikenal dengan istilah proprioception dan berperan besar dalam menilai situasi sekitar, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas fisik yang membutuhkan keterampilan. Dengan melatih gerakan keseimbangan tubuh, maka kesadaran tubuh akan ruang akan semakin meningkat. Seiring dengan meningkatnya kesadaran tubuh, maka kemungkinan untuk salah perhitungan hingga mengakibatkan cedera juga akan menjadi semakin kecil.

3. Meningkatkan koordinasi

Perlu diketahui, bahwa beberapa aktivitas fisik membutuhkan gerakan anggota tubuh yang tersinkronisasi dengan baik. Sinkronisasi inilah yang akan membuat setiap anggota tubuh dapat saling mengisi serta mendukung satu sama lain. Gerakan keseimbangan membutuhkan koordinasi semua anggota tubuh. Pasalnya, tanpa koordinasi menyeluruh maka tubuh akan sulit menyeimbangkan diri hingga terjatuh. Selama proses latihan, koordinasi tubuh inilah yang akan terus dilatih sehingga akan meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh.

4. Meningkatkan kekuatan persendian

Persendian memiliki peran yang sangat besar saat kita bergerak. Saat ada masalah pada persendian, maka anggota gerak seperti lengan dan kaki akan terasa sulit untuk digerakkan. Bahkan tidak jarang sendi akan terasa sakit. Nah, melatih gerakan keseimbangan tubuh tidak hanya sebatas menjaga keseimbangan karena kekuatan otot dan persendian juga dilatih secara bersamaan. Latihan ini juga banyak melibatkan pergelangan kaki, lutut, pinggul, hingga bahu. Selama latihan, stabilitas sendi akan meningkat. Tidak hanya itu saja, persendian juga akan semakin kuat seiring dengan latihan dan olahraga ringan yang dilakukan.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Diet yang Efektif dan Wajib Dicoba!

Tips Melakukan Gerakan Keseimbangan yang Tepat

gerakan keseimbangan

Melatih gerakan keseimbangan dilakukan dengan melibatkan otot-otot inti, punggung bagian bawah, dan kaki. Berikut ini ada beberapa latihan keseimbangan yang bisa dicoba di rumah:

1. Ayunkan satu kaki ke depan

Dalam melakukan gerakan ini, kita harus berdiri dengan kaki yang melebar. Kemudian, tahan berat badan dengan kaki kiri dan ayunkan kaki kanan lurus ke depan. Tahan selama 30 detik, lalu turunkan kaki kanan secara perlahan. Ulangilah pada sisi kaki yang berbeda, di mana setiap sisi melakukan latihan ini sebanyak 5-10 kali.

2. Berdiri dengan satu kaki

Coba berdiri dengan tegak, lalu angkat paha kanan dan tahan hingga 15 detik. Pertahankan postur tubuh yang baik di mana tulang belakang, leher, dan kepala sejajar sehingga kita hanya berdiri dengan satu kaki. Lakukanlah beberapa kali, lalu ulangi pada sisi yang berbeda.

3. Angkat satu kaki ke belakang

Berdiri secara tegak dengan kaki saling berdekatan juga dapat dilakukan untuk melatih gerakan keseimbangan. Kemudian, tatap titik fokus di lantai dan perlahan turunkan tubuh sambil mengangkat kaki kiri. Letakkan sebagian besar beban tubuh di atas kaki kanan, dan jaga tulang belakang tetap lurus, serta ulurkan tangan ke lantai. Tahan selama beberapa detik, lalu angkat kembali tubuh dan turunkan kaki kiri secara perlahan. Ulangi pada sisi yang lain, dan lakukanlah setidaknya sebanyak 8 kali di setiap sisi. Supaya lebih menantang, kita juga bisa melakukannya sambil memegang dumbbell.

4. Berjalan dengan benda di atas kepala

Melatih gerakan keseimbangan juga dapat dilakukan dengan cara meletakkan suatu benda, seperti halnya buku di atas kepala. Kemudian kita bisa berjalan dalam garis lurus, serta mempertahankan postur dan keseimbangan agar buku tersebut tidak jatuh. Agar lebih menantang, kita juga dapat berjalan zig-zag dan melingkar atau bergerak mundur.

5. Berjalan mengikuti garis lurus

Dengan menggunakan penanda seperti kapur atau lainnya untuk membuat garis, kita harus berdiri dengan tegak dan meletakkan kedua lengan di samping tubuh. Lalu, langkahkan kaki kanan dalam garis lurus yang telah disiapkan sehingga tumit menyentuh jari kaki kiri maupun sebaliknya. Lakukan secara perlahan dengan pandangan yang terus menghadap ke depan. Berjalanlah setidaknya hingga 5-20 langkah. 

Baca juga: Sudah Tahu Pedoman Gizi Seimbang yang Berlaku di Indonesia?

Mulai sekarang, tidak ada lagi alasan untuk malas melakukan latihan keseimbangan, mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh. Jadi, latihan keseimbangan mana yang paling menarik untuk dicoba terlebih dahulu?

Supaya olahraga menjadi lebih semangat, jangan lupa siapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan mulai dari pakaian, sepatu, matras, botol air minum, handuk kecil, dan lain sebagainya. Jika perlengkapan tersebut belum lengkap, kita bisa belanja online di laman Eiger Adventure dengan sangat praktis. Cek koleksi terbaru Eiger, di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru