HomeTips & TrickMountaineeringIni Dia 5 Cara Packing Tas Carrier yang Benar untuk Pendakian

Ini Dia 5 Cara Packing Tas Carrier yang Benar untuk Pendakian

Penggunaan tas carrier menjadi hal wajar untuk pendaki gunung. Kapasitasnya yang besar, desain nyaman saat digunakan, hingga berbagai fitur yang disematkan, membuat tas jenis ini paling cocok untuk kegiatan tersebut. Tapi tahukah kamu cara packing tas carrier yang benar?

Menggunakan cara packing tas carrier yang benar bisa membuat perjalanan kamu lebih nyaman, dan kapasitas yang dimiliki tas bisa lebih optimal. Jangan salah, ketika cara packing yang digunakan tidak tepat, kamu bisa benar-benar merasa tak nyaman, dan beban terasa berat serta kapasitas akan terbuang sia-sia.

Nah untuk melihat cara packing tas carrier yang benar, kamu bisa melihat sedikit tipsnya di bawah ini. Jelas, kamu juga akan mendapatkan sederet rekomendasi tas carrier terbaik dari Eiger Adventure agar artikel singkat ini lebih lengkap dan berguna.

Baca Juga : Daftar Peralatan Camping: Kualitas adalah Kunci!

Pertama, Kelompokkan Barang

Pengelompokan barang diperlukan untuk selanjutnya mengatur penempatan barang di dalam tas carrier. Mulai dari pakaian, keperluan pendakian, botol minum, logistik, hingga peralatan  berat lain, wajib dikelompokkan sebelum dimasukkan ke dalam tas.

Memang, hal ini sebenarnya bersifat sangat mendasar. Namun ketika sudah jadi kebiasaan, kamu pasti akan merasakan kemudahan dalam kegiatan pendakian. Kamu bisa mengakses barang yang diperlukan dengan cepat dan tidak harus membongkar carrier yang kamu bawa.

Kemudian Sesuaikan Barang Bawaan dengan Durasi Pendakian

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi) 

Barang yang dibawa untuk pendakian 2 hari tentu tidak akan sama dengan jumlah barang yang dibawa untuk pendakian 4 hari. Maka dari itu, pastikan kamu mendata semua barang yang akan diperlukan, dan disesuaikan dengan durasi pendakian yang akan dilakukan.

Kamu juga bisa meminta rekomendasi untuk barang apa saja yang wajib dibawa sesuai dengan durasi pendakian. Rekomendasi dari pendaki yang lebih senior bisa sangat membantu, karena pengalaman yang dimiliki akan membantu efisiensi barang bawaan. Semakin efektif barang yang dibawa, maka bawaan yang kamu miliki akan semakin ringkas.

Jenis Tas yang Tepat

Jenis tas gunung pria biasanya akan mengacu pada kapasitas yang dimilikinya. Ada yang memiliki kapasitas 35 liter, atau lebih besar dan lebih kecil. Nah ini pentingnya kamu mengetahui jenis tas yang digunakan, karena akan berpengaruh pada kemudahan kamu membawa tas dan barang bawaan.

Misalnya, kamu bisa menggunakan Eiger Rhinos 45L 1A Rucksack untuk pendakian yang cukup lama. Kapasitas 45 liter yang dimilikinya bisa mengakomodir kebutuhan beberapa hari, sehingga cocok ketika digunakan mendaki selama beberapa hari.

Untuk pendakian lebih lama? Kamu juga bisa menggunakan Eiger Excelsior 75 + 15L 1F Backpack. Kapasitasnya yang benar-benar besar akan membantu kamu membawa lebih banyak barang untuk pendakian.

Jika diperlukan untuk pendakian singkat, Eiger Phalanger 35 WS bisa jadi opsi. Ringkas, kuat, dan praktis, kapasitasnya yang praktis bisa membantu kamu bergerak lebih gesit tanpa harus membawa beban besar.

Sedikit tambahan untuk kamu, pendaki wanita yang sedang mencari rekomendasi tas carrier terbaik, kamu juga bisa menggunakan Eiger Hikeholic Lunaris 35 Carrier dan Eiger Ardor 45 Lunaris Woman Rucksack dengan warna menarik dan fitur yang lengkap.

Posisi Barang di Dalam Tas

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi) 

Poin keempat dalam cara packing tas carrier yang benar adalah urusan posisi penempatan barang. Tidak jarang, pemula dalam pendakian asal memasukkan barang agar rapi dan bisa memaksimalkan kapasitas. Namun tahukah kamu sebenarnya penempatan barang juga diatur dengan tepat?

Setidaknya ada empat kategori barang yang masuk ke dalam carrier. Pertama barang berat, yang diletakkan di posisi paling dekat dengan punggung. Kemudian barang sedang, seperti nesting dan kompor, diletakkan tepat di belakangnya.

Ketiga, jenis barang ringan yang jarang digunakan, misalnya sleeping bag, pakaian ganti, atau gulungan tenda. Tempatkan barang ini di bagian dasar tas carrier, dan lapisan terluar serta bagian atas. Kemudian barang ringan seperti mantel dan flysheet di bagian terluar karena bisa ditekan dan memaksimalkan kapasitas tas kamu.

Ingat acuan cara packing tas carrier yang benar ini, sehingga barang yang kamu bawa bisa masuk dengan benar dan dibawa dengan nyaman.

Cara Packing Tas Carrier yang Benar Pastikan Seimbang

Last but not least, kamu juga wajib memastikan tas carrier yang kamu bawa memiliki beban yang seimbang di bagian kanan dan kirinya. Sederhana saja, tujuannya agar kamu bisa membawa tas tersebut tanpa harus berat sebelah, yang bisa membuat tubuh merasa lebih cepat lelah.

Kamu bisa mendistribusikan barang dan beban, sesuai dengan pembahasan sebelumnya, di bagian kanan dan kiri secara berimbang. Dengan begini, tas carrier yang dibawa akan lebih nyaman saat digendong, sehingga menunjang distribusi beban seimbang pada tubuh kamu.

Baca Juga : Gunung Lawu, Keindahan, Mitos, dan Pantangannya

Itu tadi sederet tips dan cara packing tas carrier yang benar untuk kegiatan pendakian. Dengan begini, beban yang dibawa akan lebih efektif, dan nyaman saat kegiatan pendakian dilakukan. Tentu saja, beberapa opsi dan rekomendasi tas carrier dari Eiger Adventure di atas bisa jadi acuan. Kamu juga bisa melihat berbagai produk lain langsung di laman produk Eiger Adventure, kategori mountaineering

Produk berkegiatan luar ruang dan cara packing tas carrier yang sudah terbukti ini bisa menjadi acuan untuk kamu merencanakan dan melakukan pendakian. Dengan beberapa rekomendasi produk di atas, apakah kamu siap untuk mendaki lagi? Jangan lupa sertakan komentarmu di bawah, atau melalui media sosial @eigeradventurecom #MulaiMendakiLagi #MulaiBelanjaLagi. Semoga menemukan produk yang cocok, dan semoga kegiatan pendakian kamu lancar!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments